APAKAH LUBANG PADA BATU BASAL ADALAH BUKTI TERJADINYA PELAPUKAN ?

LUBANG PADA BATU DASAR MERUPAKAN TEMPAT GAS KELUAR !!
Patung basal memiliki banyak lubang.

Batu basal terbentuk pada saat berlangsungnya aktivitas vulkanik.Magma mengandung banyak gas, dan saat gunung meletus, gas yang semulanya larut dalam magma lepas membuat gelembung seperti soda saat membuka botolnya. Dan lava, yang merupakan magma, sebagian besar gasnya, telah dilepaskan mendinngin menjadi batu.Batuan ini dinamakan dengan batuan beku.Batu basal dan batu granit merupakan 2macam batuan beku yang terkenal.

Batu basal terbentuk saat lava mendingin dengan cepat.sehingga memiliki lubang tempat gelembung gas belum keluar.Patung basal dibuat dari batu basal.saat kamu mengamati patung ini lebih dekat,kamu akan melihat banyak lubang.Batu basal yang terbentuk diluar kawah sesaat setelah letusan cenderung memiliki banyak lubang dan besar-besar,jika terbentuk di dalam tanah sesaat sebelum letusan cenderung memiliki sedikit lubang dan kecil-kecil.

Batu granit berasal dari magma yang mendingin didalam tanah.Karena tidak ada gas yang keluar,batu granit tidak memiliki lubang.Magma mendingin dengan lambat didalam tanah ,sehingga granit memiliki kristal yang yang lebih besar daripada batuan basal.Batu granit memiliki tekstur yang keras,sehingga sering digunakan untuk bahan bangunan.

(sumber:buku SCHOOL QUIZ bumi dan Antariksa;dengan perubahan secukupnya)

Komentar